Cara menulis artikel blog yang baik dan benar

Cara menulis artikel blog yang baik dan benar
Bagaimana cara menulis artikel blog yang baik, bagus dan benar?  Ini berdasarkan beberapa informasi yang pernah saya baca di media internet maupun buku2. Menurut saya dunia Blogging, memang mau tidak mau, suka tidak suka, adalah kegiatan tulis-menulis. 

Melalui tulisan, seorang blogger bisa menyampaikan pendapat, ide, pemikiran, juga pengalaman pribadi kepada orang lain, dengan tujuan memberi manfaat serta informasi untuk yang membacanya. Sebagai blogger, tentunya kita berharap bisa menyajikan posting yang bagus, yang di-share secara sukarela oleh pembaca.


Cara menulis artikel blog yang baik dan benar


Artikel yang bagus itu seperti apa?

Menurut saya, sederhana saja: artikel yang bagus adalah artikel yang bermanfaat,mudah di pahami dan di mengerti,.Artikel yang bagus, bukan sekedar tulisan yang 'mempesona' pembacanya, tapi adalah artikel yang mampu memberikan manfaat yang nyata."artikel yang bermanfaat adalah artikel yang membantu Anda mencapai tujuan Anda" Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang bagus? Beberapa hal ini mungkin perlu mendapat perhatian.

1. Panjang tulisan

Tulislah sepanjang Anda memerlukannya. Tulislah sepanjang bisa mengurai semua apa yang ingin Anda sampaikan. Tidak kurang, tidak lebih! Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tapi justru hal itu  akan mengurangi nilai dari artikel tersebut. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya.

Menurut saya, tidak ada patokan berapa jumlah kata minimal untuk sebuah tulisan yang bagus. Beberapa orang mengatakan minimal 300, 500 atau 700 kata. Menurut saya tidak. Tulislah sepanjang apapun, atau sependek apapun, jika mampu memberi solusi nyata dengan tuntas, itu adalah artikel yang sangat bagus. 

2. Tata bahasa dan ejaan

Belajarlah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik (saya sendiri masih belajar). Menulis ejaan yang tidak standar, tidak akan banyak membantu, kecuali jika audiens Anda sangat spesifik (komunitas gaul muda-mudi misalnya). Gunakan paragraph , Justify ( rata kanan-kiri), bullet atau pendukung lainnya sehingga artikel yang ditampilkan terlihat rapi. 

Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bolt ( huruf tebal ), italic( huruf miring ) ataupun Underline ( garis bawah ) pada kalimat atau kata-kata yang di anggap penting. Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan. Namun, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang luwes (namun tetap memperhatikan kaidah bahasa) adalah salah satu faktor yang membuat sebuah tulisan 'enak' untuk dinikmati. Tanda baca juga tidak boleh dilupakan.

3. Ringan dibaca

Penggunaan tata bahasa, ungkapan, istilah, perumpamaan, atau ejaan yang tidak tepat dan berlebihan akan cepat membuat pengunjung blog berhenti membaca seketika. Menjaga tulisan agar tetap ringan dan mudah dicerna menjadi sesuatu yang sangat sangat penting. Jika orang tidak mampu mencerna, mengartikan dan menerapkan solusi atau instruksi dalam tulisan Anda, maka Anda telah gagal menghadirkan artikel yang bagus. Bagilah artikel yang cukup panjang menjadi beberapa sub-judul. Gunakan ilustrasi, gambar dan format teks (huruf tebal, miring, garis bawah dan lain-lain) untuk memperjelas isi.

4. Topik

Tentu saja, topik adalah sesuatu yang penting dalam sebuah tulisan. Tulislah tentang apa yang Anda sukai, tentang apa yang Anda merasa nyaman dengan topik tersebut.

5. Gaya bahasa

Menulis dengan cara dan gaya penulisan yang dimengerti dengan baik oleh audiens Anda adalah hal yang penting lainnya. Pemahaman orang berbeda-beda dalam mencerna sebuah tulisan, di situ lah perlunya Anda menyesuaikan tulisan dengan audiens Anda. Mungkin Anda butuh beberapa waktu untuk penyesuaian dan mencari gaya bahasa yang tepat.

6. Intonasi

Seperti halnya bahasa verbal, bahasa tulisan pun memiliki intonasi, tergantung tujuan penulisnya. Ada nada positif, ada nada memerintah. Ada intonasi yang menyindir, ada yang damai, ada yang bersahabat, ada yang konfrontatif, berseberangan, vulgar, terkesan ditutupi, dan lain sebagainya. Sesuaikan intonasi dengan tujuan penulisan. Berlatih terus sampai Anda menemukan yang sesuai dengan karakter Anda sendiri.

7. Kutipan

Pernahkah Anda merasa telah menemukan sebuah topik tapi tidak juga mulai menulis, hanya karena Anda tidak menemukan rujukan yang bisa dikutip? Saya sering. Dari beberapa pengertian diatas saya mempunyai satu kesimpulan untuk menulis artikel yang baik dan benar lebih baik menulislah artikel yang merupakan hasil dari kreatifitas dan idea anda sendiri jangan hasil copy paste.

Hasil copi paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas blog kita di mata pembaca. Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah point2 yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda memiliki definisi lain tentang artikel yang bagus? Atau Anda memiliki tips tersendiri cara membuat artikel yang bagus? Kiranya berkenan untuk berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat, Sekian matur suwon.





0 Response to "Cara menulis artikel blog yang baik dan benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel