10 Komputer Tercepat Di Dunia

10 Komputer Tercepat Di Dunia
Berita - Berbicara teknologi komputer memang tidak ada habisnya, Apakah pernah mendengar komputer dengan kekuatan dan kecepatan yang luar biasa? Sebuah komputer yang memiliki desain khusus termasuk 10 komputer tercepat di dunia ini. Perangkat komputer yang memiliki performa luar biasa yang di gunakan di negara2 maju   Adapun 10 komputer tercepat di dunia adalah sebagai berikut:
Teknologi Komputer Tercanggih Tianhe-1A

Teknologi komputer tercanggih yang dimiliki Cina saat ini diberi nama Tianhe-1A. Tianhe 1A telah memecahkan rekor dengan melakukan kalkulasi secepat 2000 triliun dalam satu detiknya. Cina membutuhkan Lima Puluh Juta Euro dan mempekerjakan dua ratus teknisi dengan dua tahun masa pengerjaannya. Komputer Tianhe-1A juga harus menggunakan 103 buah pendingin.

Tianhe-1A mampu mencapai kecepatan hingga 2507 petaflop yang melebihi saingannya terdahulu  The Cray XT5 Jaguar milik departemen energy  Amerika Serikat. Sebutan Tianhe1A dalam bahasa Indonesia adalah Bima Sakti. Tianhe-1A apabila dibandingkan dengan komputer biasa yang ada dipasaran saat ini unggul diatasnya dengan kemampuannya 14000 kali power dalam pemrosesan data. Jumlah prosesor grafisnya berjumlah 7000 buah. Universitas Nasional China adalah tempat membuat proyek komputer teknologi tercanggih ini melalui jurusan teknologi pertahanan. UNC terletak di utara kota Tianjin dari pelabuhan.

Jaguar XT5
Jaguar XT5
Jaguar XT5 salah satu produk superkomputer buatan Cray Inc. yang berbasis di Oak Ridge National Laboratory, Tennesssee, menduduki tempat kedua superkomputer tercepat dunia. Kecepatannya mencapai 1,7 Petaflops, artinya mampu mengerjakan 1,7 Kuadriliun operasi komputasi per detik Setelah mengetahui performa yang begitu luar biasa, timbul pertanyaan, apa kegunaan superkomputer? Apa saja yang sanggup dilakukannya? Salah satu jawabannya adalah untuk penelitian dan pengetahuan.

Contoh yang dapat dilihat adalah untuk simulasi proses alam dengan kendali komputer. Dengan superkomputer dapat diketahui bagaimana racun menyebar dalam tanah dan membutuhkan waktu hingga ia terurai. Kita juga dapat mengkalkulasi arus magnet dalam inti bumi, mensimulasi pembentukan galaksi, menampilkan apa yang terjadi saat supernova, atau bagaimana efek tembakan laser pada berbagai material (penting untuk penelitian dan pengembangan akselerator partikel seperti yang digunakan untuk menangani penyakit tumor).

Dawning Nebulae
Dawning Nebulae
Ketika diluncurkan pada awal 2010 Dawning superkomputer Nebulae Cina adalah tercepat di dunia, dengan kinerja dari 1,27 petaflops, tapi itu sudah di tempat ketiga berkat untuk Jaguar dan China sendiri lebih baru, lebih cepat Tianhe-1A. Seperti Nebulae saudaranya berada di National Supercomputing Centre di Shenzhen.

Tsubame 2.0
Tsubame 2.0
Perangkat keras yang diberi nama Tsubame 2.0 itu akan menjadi superkomputer tercepat di Jepang. Komputer dapat menghitung 2.400 triliun kali per detik, atau 12 kali lebih cepat dari superkomputer di Japan Atomic Energy Agency. Menurut pihak universitas, Tsubame 2.0, mampu ‘mengolah’ sekitar 4.200 unit pengolahan grafis, dan rencananya akan dipasang di dalam ruang 200 meter persegi di lingkungan universitas.

Untuk mengembangkan Tsubame 2.0, pihak universitas menghabiskan total biaya sebesar 3,2 miliar yen untuk komputer itu sendiri dan perangkat lunak. Sementara, dana sebesar 100 juta yen akan diperlukan setiap tahun untuk menutupi biaya listrik serta beberapa puluh juta yen untuk pemeliharaan.Universitas mengatakan, pihaknya berencana untuk membuka akses ke superkomputer untuk mahasiswa dan peneliti di universitas serta perusahaan dan lembaga penelitian di luar sekolah.Sumber klik disini.

HopperHopper 

Bekerja pada hal-hal besar: perubahan iklim, energi bersih, astrofisika, fisika partikel … rumahnya, Departemen Energi AS Nasional Pusat Energi Komputasi Riset Ilmiah, menawarkan layanan kepada lebih dari 3.000 peneliti di bidang penelitian iklim, kimia, pengembangan material baru dan bidang penting lainnya.

Tera-100 (Perancis)Superkomputer

skala petaflop pertama yang dirancang dan dibangun di Eropa ini cukup cepat: “kapasitasnya untuk mentransfer informasi setara dengan satu juta orang menonton film definisi tinggi secara bersamaan”, rilis pers mengatakan.Dibangun di sekitar Intel Xeon prosesor 7500, pengganti 2005 yang Tera 10 adalah 20 kali lebih cepat dan tujuh kali lebih hemat energi sebagai pendahulunya. Ini satu lagi nuklir: misi Tera-100 adalah untuk membantu menjamin keandalan nuklir Eropa.

Roadrunner

Roadrunner adalah nama superkomputer generasi berikut di Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico, Amerika Serikat. Pada Juni 2008, Roadrunner menjadi superkomputer tercepat di dunia setelah mencapai kecepatan 1,026 petaflop. IBM membangun komputer ini bagi Departemen Energi Amerika Serikat.Roadrunner mempunyai rancangan hibrida dengan hampir 7.000 prosesor dual coreOpteron AMD dan sekitar 13.000 CPU 8i PowerXCell IBM dalam TriBlade khusus yang dihubungkan menggunakan InfiniBand.Selain itu, Roadrunner juga digunakan untuk keperluan sains, keuangan, otomotif, dan dirgantara.

superkomputer Cray 

Kraken Dapatkah proyek komputasi Anda ditangani oleh mesin dengan 511 core? Maka jangan repot-repot datang ke Kraken: itu paling cocok untuk pekerjaan yang menggunakan “setidaknya 512 core”. Itu punya banyak luang: Institut Nasional untuk Komputasi Ilmu laporan bahwa superkomputer Cray memiliki 112.895 menghitung core yang tersebar di 9.408 node.Tujuannya? Untuk membantu “memecahkan tantangan terbesar di dunia ilmiah, seperti memahami dasar-dasar materi dan membuka rahasia tentang asal usul alam semesta kita”.

Jugene Superkomputer Jerman
Dirancang untuk konsumsi daya yang rendah serta kinerja tinggi, dan itu sudah terlibat dalam beberapa proyek yang menarik – termasuk mencoba untuk menentukan berapa DVD bekerja. Menurut Scientific Computing, itu meningkatkan pemahaman kita tentang “proses yang terlibat dalam menulis dan menghapus DVD”, yang harus mengarah pada media penyimpanan yang bekerja lebih baik, berlangsung lebih lama dan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi.

CieloIlmu nuklir dan superkomputer

Yang cocok dibuat di surga: yang pertama dapat menggunakan yang terakhir untuk menguji hal-hal tanpa ada yang meniup atas atau penyinaran mereka selama beberapa generasi. Cielo digunakan untuk “operasi rahasia” oleh Administrasi Keamanan Nuklir Nasional AS, dan itu mendapatkan upgrade besar tahun ini: 6.704 node komputasi yang akan menaikkan ke 9.000, dan memori akan pergi dari 221.5TB menjadi sekitar 300TB.


Demikian artikel yang bisa saya berikan mengenai 10 Komputer Tercepat Di Dunia semogga bisa menjadi satu informasi yang berguna. sekian matursuwon.





0 Response to "10 Komputer Tercepat Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel