Cara memilih aplikasi yang baik dan aman bagi anak anak

Cara memilih aplikasi yang baik dan aman bagi anak anak

Aplikasi - Platform Android diluncurkan pada pertengahan tahun 2008. Sejak saat itu, aplikasi untuk Android mulai bermunculan. Mulai dari aplikasi sampai game mulai banyak peminatnya.

Untuk memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini, kita bisa mengunjungi Android Market, atau sekarang bernama Google Play Store. Dari banyaknya aplikasi Android tersebut, tentu bukan hal yang mudah untuk mencari aplikasi Android terbaik yang sesuai dengan harapan kita.

Memiliki pilihan yang luas untuk berbagai aplikasi dan game pada suatu platform merupakan suatu hal yang bagus bagi kita, namun hal ini juga menimbulkan tantangan bagi kita. Bagaimanan Anda akan mencari aplikasi Android terbaik dari ratusan ribu aplikasi yang disediakan? Google Play Store saat ini belum memberikan navigasi yang mudah, dan ini merupakan tantangan bagi Google untuk membuat toko aplikasi miliknya menjadi lebih user friendly.

Cara memilih aplikasi yang baik dan aman bagi anak anak

Menyediakan aplikasi yang menarik, menghibur, sekaligus bermanfaat adalah salah satu metode untuk mengenalkan anak pada dunia digital. Ada banyak aplikasi untuk anak yang dapat mengembangkan berbagai kemampuan dan pengetahuannya. Pastikan saja bahwa aplikasi yang Bunda sediakan akan menyediakan pengalaman yang positif dan aman bagi mereka.

Ada beberapa ciri dan cara yang mudah agar kita tidak salah dalam memilih program atau aplikasi yang tersebar di berbagai situs penyedia aplikasi. Tidak jarang pula pengguna android secara sembarangan tergesa-gesa mengunduh dan menginstall aplikasi tanpa 'selidik' dahulu apakah aplikasi itu aman atau tidak.

Terkadang market aplikasi sebesar playstore milik google-pun tidak terhindar dari 'penyusup' yang sengaja menyebarkan malware tanpa sepengetahuan server playstore, seperti contoh hebohnya aplikasi antivirus di playstore beberapa waktu lalu yang ternyata dirinya adalah sebuah virus itu sendiri, dimana banyak mengelabuhi banyak pengguna yang telah mengunduh dan memasang di smartphone miliknya.

Tips memilih aplikasi yang baik dan aman bagi anak anak

Ada beberapa tips yang mudah agar pengguna terhindar dari aplikasi perusak ( mengandung virus ) tanpa perlu bertanya kesana kemari. Bagaimana caranya ?, simak jawabannya di bawah ini.

1. Pilih tempat mengunduh aplikasi dari situs-situs terpercaya. Saya sarankan aplikasi android diunduh dari market terpercaya seperti PlayStore.

2. Baca dahulu review aplikasi dengan seksama. Semakin bagus aplikasi maka review yang disajikan akan semakin lengkap bahkan disertai dengan video review aplikasi.

3. Lihat seberapa banyak penggunanya serta ratting yang diberikan oleh pennguna lain. semakin banyak pengguna yang mengunduh dan semakin banyak yang memberikan ratting bagus ( umumnya berupa bintang) maka semakin baik pula kinerja aplikasi.

4. lihat pula testimoni dari beberapa pengguna. anda bisa menentukan apakah aplikasi layak untuk anda unduh atau tidak dengan membaca testimoni yang diutarakan para pengunduhnya.

5. Lihat dengan seksama Pengembang aplikasinya. Aplikasi yang baik dan berkualitas umumnya dikeluarkan oleh pengembang yang terkenal atau popular. Di playstore biasanya ada tanda khusus bagi aplikasi yang dibuat oleh vendor yang popular dalam hal pembuatan aplikasi.

6. Bila anda belum yakin akan keunggulan maupun keamanan sebuah aplikasi silahkan lakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci nama aplikasi tersebut. Semakin banyak situs yang mereview aplikasi maka semakin baik pula aplikasi baik dari segi keamanan maupun kinerjanya.

7. Umumnya aplikasi yang terkenal aman addalah aplikasi yang berbayar, namun jangan salah, banyak sekali aplikasi gratis dengan fitur dan kinerja serta terjamin keamanannya dibanding aplikasi yang berbayar.

Kebanyakan orang hanya menggunakan beberapa aplikasi secara reguler, dengan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang dapat mereka temui. Umumnya, untuk mencari aplikasi Android yang terbaik, kita butuh menghabiskan waktu selama beberapa lama.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan aplikasi yang tidak sesuai harapan, atau mungkin tidak ingin menghabiskan waktu yang lama hanya untuk mencari aplikasi, Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membantu Anda dalam mencari aplikasi Android terbaik.

Anda bisa memulainya dari chart pada Google Play Store. Di sini, Anda dapat mencari aplikasi paling top dan populer, dari yang berbayar hingga yang gratis. Apa yang perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi yang sukses menyenangkan para penggunanya adalah ada pada editor choice app, trending app, dan ada juga area aplikasi khusus untuk tablet.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan opsi untuk menyaring aplikasi berdasarkan kategori. Dan jika Anda telah melakukan log in akun, Anda dapat mengunduhnya langsung melalui smartphone Anda. Pengalaman seperti inilah yang bisa Anda dapatkan dari Play Store dalam mencari aplikasi-aplikasi terbaik.

Ketika Anda membuka suatu aplikasi di Play Store, maka Anda akan diperlihatkan review, score, dan chart download dalam laman aplikasi, di mana akan memberikan gambaran seberapa populer aplikasi tersebut. Dan jika Anda tidak puas dengan review dari satu appstore, mungkin Anda membutuhkan alternatif appstore yang akan membantu Anda mengidentifikasi suatu aplikasi atau game.

Anda bisa memeriksa aplikasi apa yang paling populer di dalam suatu appstore seperti Amazon App Store, SlideME, AppBrain, atau alternatif lain dari Play Store. Anda mungkin akan menemui beberapa perbedaan di dalam chart masing-masing, juga perbedaan pada rating dan review, yang akan memberikan Anda gambaran lebih apakan aplikasi yang Anda pilih berkualitas atau tidak.

Android sekarang telah menjadi platform besar, sehingga Anda akan mudah dalam mencari aplikasi dan game terbaik dalam suatu website. Selain itu, untuk mencari aplikasi Android terbaik, Anda juga dapat mengunjungi forum-forum Android untuk mengumpulkan informasi melalui review-review yang ada.

Apabila review yang ada dirasa cocok dengan selera Anda, maka Anda bisa segera mengunduh aplikasi tersebut. Dengan mengumpulkan berbagai review serta komentar yang ada, maka Anda akan mendapatkan info aplikasi lebih dari cukup.

Apabila Anda telah mendapatkan aplikasi Android yang Anda inginkan, maka tentu saja Anda akan puas dengan hasilnya. Android merupakan platform besar saat ini, namun di lain pihak, aplikasi-aplikasi yang banyak disediakan perlu diteliti lebih lanjut oleh para penggunanya agar suatu aplikasi dapat dikategorikan sebagai yang terbaik. Untuk itu, Anda perlu menerapkan teknik yang benar untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan beberapa tips diatas tentunya anda sebagai pengguna smartphone android sebagai penentu awal tanpa bantuan teman apakah aplikasi aman atau tidak. Semoga tips sederhana yang Dunia android sajikan bermanfaat.



0 Response to "Cara memilih aplikasi yang baik dan aman bagi anak anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel