Penyebab Sitemap Lama Terindex di Webmaster tool

Penyebab Sitemap Lama Terindex di Webmaster tool
Trik Blog - Halo sobat gimana kabar anda hari ini?,,,Oke kali ini kita bertemu lagi dalam ulasan di seputar Trik SEO. Kita membahas masih terkait Sitemap, setelah sebelumya sudah saya postingkan mengenai cara membuat dan melihat sitemap Blog yang kita miliki.

Nah sekarang bagaimana jika mengatasi sitemap tersebut lama terindek oleh mesin pencarian? padahal salah satu tujuan blog yang di buat agar bisa terindek dengan cepat dan bisa berada di halaman pertama ya tho..?


Mau tidak mau Hal ini tentu saja berkaitan dengan suatu reputasi dari website yang kita miliki. Akhirnya Setelah saya usut dan cari-cari informasi permasalahan yang saya alami termasuk dari halaman bantuan google, saya bisa menemukan satu pengalaman baru. Dari semula saya yang biasanya update artikel terindex setiap 1 sampai 2 hari sekarang menjadi agak sedikit lama untuk bertambah indeks.


Penyebab Sitemap Lama Terindex di Webmaster tool


Ada juga yang menunggu hingga 1 bulan lebih namun sitemap tetap tidak berubah sedikitpun. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sitemap menjadi lama untuk di index atau bahkan tidak di indeks sama sekali. tahukah Disebabkan apa saja? ini yang akan kita cari bersama.

1. masalah Loading Blog atau website yang lambat.

Penyebab pertama berimbas pada sitemap menjadi lama untuk di index adalah Loading blog atau website yang sangat lambat. kebanyakan script javascript, eksternal css dan sebagai salah satu penyebab perlambatan ini. ditambah hal lainnya yang bisa mengakibatkan perlambatan tersebut terjadi.

Untuk sobat blogger, disarankan menggunakan widget seperlunya saja dan loading blog kita tidak terbebani. Bagi yang punya pengunjung banyak, maka biasanya proses index akan lebih cepat karena permintaan pengguna di halaman pencari juga banyak sehingga perayap akan datang untuk mengambil URL yang diminta.

2. masalah Duplikasi artikel atau konten internal.

Di istilahkan jenis makanan berbeda tapi isinya itu-itu saja. hal tersebut dianggap sebagai duplikasi konten internal dalm satu blog. Jika belum mengenal tentang internal, Internal artinya masalah di dalam blog sendiri. konten dengan URL yang lama terdeteksi sama dengan konten yang mempunyai URL baru. ketika perayap melihat isi yang sama dengan konten yang sebelumnya telah di index. maka perayap tidak akan melakukan index lagi pada URL baru tersebut.

Nah, karena inilah penyebab sitemap tidak terindex atau tidak berubah sedikitpun walaupun kamu tunggu hingga 1 bulan atau lebih. jadi pastikan kamu tidak mempunyai masalah duplikasi konten internal. lalu bagaimanakah cara kita mengetahui jika memang ada duplikasi konten internal di blog atau website kita?

untuk mengetahui duplikasi konten internal, buka akun webmaster kamu, lalu buka menu "penyempurnaan HTML" yang berada di dalam menu "tampilan penelusuran". disitu kamu bisa melihat beragam error yang ada di blog atau website kamu sendiri. pastikan kamu tidak memblokir URL tersebut melalui robots.txt agar error bisa ditampilkan di fitur penyempurnaan HTML (jika memang ada error).

kalau pengalaman saya waktu itu ada error duplikasi meta content. kemudian saya cari informasi tersebut di halaman bantuan google tentang masalah sitemap dan akhirnya menemukan informasi tersebut. semoga panduan ini menjadi ilmu yang bermanfaat buat kamu agar kita lebih teliti lagi dalam melakukan perubahan pada blog atau website kita.

di dalam fitur penyempurnaan HTML, ada tulisan "terakhir diperbarui tanggal". kalau saya hitung, sekitar 3 hari atau lebih untuk melihat update baru. nah dalam jangka waktu tersebut, akan ada pemberitahuan jika memang ada masalah pada konten blog sendiri.

jadi, lihat tanggal yang ada di fitur tersebut. setelah kamu membereskan masalah yang ada, tunggu hingga tanggal update berikutnya. kadang butuh waktu 1 minggu atau lebih untuk perubahan yang maksimal. jadi jangan tergesa-gesa untuk melakukan perubahan jika error belum hilang.

3. perubahan struktur pada blog atau website.

Saat kita mengganti template atau mengubah struktur blog dan website, maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website kita. ketika kita mengganti template atau merubah struktur kode yang ada di blog. maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website yg baru serta memastikan tidak ada yg error dan hilang. kalau ada, pasti halaman 404 kamu yang dipilih dari URL lama.

Saran dari saya, jika kamu sudah melakukan perubahan template atau struktur blog dan website. maka harus menunggu sekitar beberapa hari, minggu atau bulan untuk index ulang. itu cuma saran, saya sendiri juga tidak tahu kapan perayap datang dan melakukan index halaman kita.

4. jangan terlalu banyak mengirim atau menerbitkan posting sebelum sitemap sepenuhnya di index.

Hal ini sering di alami para pemula seperti kita ini. sitemap yang belum sepenuhnya terindex sudah di isi dengan tambahan posting baru. jika terus seperti ini, bukannya bagus tapi kamu malah bisa di anggap sebagai seorang spam dan akhirnya seluruh URL yang ada sitemap tidak akan di index lagi. jadi hindari posting yang terlalu banyak dalam 1 hari. maksimal yg saya ketahui adalah 1 post per hari. kalau saran yg saya baca di halaman bantuan google, setidaknya dalam 1 minggu, update 1 artikel saja.

5. jangan berkomentar yang tidak penting.

Blogger pemula seperti kita tahu dengan yang namanya backlink. tapi apakah kamu tahu kalau backlink itu mempunyai kualitas atau tidak dan bahkan tidak sesuai dengan kriteria yang dimiliki oleh blog kamu? dari informasi yang saya ketahui, terlalu banyak backlink dalam satu hari akan dianggap sebagai spam komentar.

Kalau sudah terjadi, biasanya halaman yang sudah di index menjadi berkurang dan akan ada pemberitahuan di menu "tindakan manual". jadi berhati-hatilah jika kamu tidak ingin mendapatkan masalah seperti itu. tulisan berkualitas pasti akan mendapatkan backlink yg sehat dan berkualitas juga. dan jangan lupa berkomentar lah dengan bijak dan benar. itulah blogger sejati.


Demikian pembahasan kita tentang penyebab sitemap menjadi lama terindex di webmaster. jangan lupa berkomentar jika ada panduan yang kurang dipahami. dan semoga ilmu pengetahuan ini bisa memperluas wawasan dan menjadi solusi buat kamu agar bisa mengurangi kesalahan kita sebagai pemilik blog lama maupun baru, dan juga sebagai pemilik website. mohon maaf jika ada salah kata. kita semua disini bersama-sama belajar termasuk saya sendiri yang juga sedang belajar.





0 Response to "Penyebab Sitemap Lama Terindex di Webmaster tool"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel